PKB Tobasa Kantongi Tanda Terima Pendaftaran

Balige, PRESTASI REFORMASI.Com — Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengantongi tanda terima pendaftaran/pengajuan bakal calon anggota DPRD dari Komisi Pemilihan Umum setelah menyelesaikan proses kelengkapan dokumen persyaratan dalam tahapan pendaftaran calon peserta Pemilu 2019, di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Toba Samosir, Selasa (17/7).

PKB menjadi partai ke- 6 yang mendaftar ke KPU di hari terakhir pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) untuk Pileg 2019.

“Penyerahan dokumen Bacaleg ditutup Selasa (17/7), sampai saat ini kami sudah menerima 8 Parpol yang mendaftar,” ujar Ketua KPU Tobasa Rinto P Hutapea saat menerima kehadiran parpol PKB di kantor KPU pada pukul 20.15 Wib.

Menurutnya, syarat pengajuan bakal calon harus ada dan sah karena tidak bisa diperbaiki atau dilengkapi, sedangkan syarat calon bisa dilakukan perbaikan pada 22-31 Juli 2018. Pendaftaran ditutup pada Selasa 17 Juli 2018 sampai pukul 24.00 WIB.

“Setelah diperiksa syarat pencalonan sudah lengkap. Kecuali untuk syarat calon masih ada kekurangan dan diperkenankan untuk dilengkapi, nanti ada masa perbaikan,” jelas Rinto.

Rinto menjelaskan, Kuota kursi DPRD Tobasa sebanyak 30 kursi, yang terbagi 5 daerah pemilihan (Dapil). Pembagian kursinya, Tobasa 1 sebanyak 6 kursi, Tobasa 2 sebanyak 5 kursi, Tobasa 3 sebanyak 6 kursi, Tobasa 4 sebanyak 6 kursi dan untuk Tobasa 5 sebanyak 7 kursi.

Menurutnya, pada hari yang sama, KPU Tobasa juga kedatangan 5 Partai Politik yang ada di kabupaten itu untuk mendaftar menjadi peserta Pemilu, setelah 2 Parpol lainnya mendaftar sebelumnya.

Dalam kesempatan sama, Ketua DPC PKB Tobasa Sabaruddin Tambunan mengungkapkan rasa syukur atas selesainya proses pengumpulan kelengkapan berkas, pemeriksaan, hingga mendapatkan tanda terima pendaftaran dari KPU.

“Kami bersyukur dan berterima kasih pada Tuhan dan kawan-kawan yang sudah bekerja keras hingga menunjukkan bahwa partai ini memang memiliki struktur sampai ke bawah dan memiliki kemampuan dalam menjadi peserta pemilu,” kata Sabaruddin.

Semua dokumen persyaratan yang diwajibkan oleh KPU, lanjut Sabaruddin, untuk mendaftarkan 30 caleg dari berbagai kalangan mulai dari pengacara, akademisi, pengusaha, pers, ormas dan perguruan kungfu Naga Sakti.

“Semua persyaratan sudah komplit dan sudah diterima KPU. Adapun syarat personal yang kurang masih bisa dilengkapi,” jelasnya seraya mengakui, “Ada tiga orang yang saat ini kembali mencalonkan, sedangkan sisanya merupakan wajah baru,” ucapnya.

Sabaruddin menargetkan PKB meraih minimal 5 kursi, atau 1 orang setiap daerah pemilihan. Namun tidak menutup kemungkinan di beberapa dapil ada lebih dari satu orang.

“Target realistis kita minimal 1 kursi setiap dapil. Kalau bisa di beberapa dapil ada 2 kursi,” pungkasnya ditengah tengah rekannya sesama caleg yang mengenakan seragam kemeja putih.

Pendaftaran caleg DPRD Tobasa dari partai politik PKB saat itu diiringi caleg DPR Provinsi Parade Manurung (guru besar kungfu naga sakti) dan caleg DPR RI Asmadi Lubis.

“Saya mengapresiasi semangat para caleg tobasa terlebih para caleg baru. Saya sebagai anggota dprd yang sedang duduk sekarang sangat setuju dan memahami urgensi dprd dalam perannya bersinergi dengan eksekutif dalam membangun kabupaten Tobasa”, ujarnya seraya menyampaikan harapan agar para caleg yang terpilih kelak benar benar menjadi dprd amanah yang bertugas dengan tupoksi yang benar untuk mewujudkan kesejahteraan Tobasa.

Kehadiran Asmadi Lubis saat itu, diakuinya, sebagai bentuk dukungan terhadap para caleg.

“Saya sendiri tidak maju lagi untuk caleg tobasa, namun demikian karena saya memahami dan menyadari peran dprd itu sangat penting, saya sangat masih mencoba berperan saat ini dalam hal mendorong dan memotivasi caleg baru tersebut,” ujarnya.

Ia menambahkan, dirinya akan melangkah untuk menjadi calon dpr ri, dan ini berdasar, dasar itu tentu atas kebutuhan pembangunan tobasa khususnya dan daerah tertinggal wilayah pantai barat sumut. Saya melihat dan menyadari betapa pentingnya sinergi pemda dan pusat begitu jg para dprd kab kota prop dan dpr ri”, pungkasnya. (JN)

Ketua DPC PKB Tobasa Sabaruddin Tambunan bersama puluhan bacaleg mendaftar di Kantor KPU diterima langsung oleh Ketua KPU Rinto P Hutapea, Selasa (17/7).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *