Arisan Kades di Kec. Kualuh Selatan Labura, Sensasi “Zaman Now”

  • Baca juga di Edisi Cetak: Surat Kabar PRESTASI REFORMASI Terbitan Tanggal 1 Juni 2018

Labura, PRESTASI REFORMASI.Com — Ada sebelas kelurahan dan desa di kecamatan Kualuh Selatan kabupaten Labuhan Batu Utara, di antaranya satu kelurahan Gunting Saga dipimpin lurah. Sedangkan sepuluh kelurahan lagi dikepalai masing-masing satu kepala desa. Sejumlah tokoh masyarakat menyebut Kesebelas kelurahan dan desa tersebut telah membuat sensasi. “Inilah sensasi ‘Kades ‘zaman now’, bikin arisan dan makan-makan dengan mengundang banyak orang tetapi diduga gunakan dana desa,” komentar mereka yang minta namanya tak usah ditulis.

Menurut sumber, kegiatan arisan di Kecamatan Kualuh Selatan ini rutin diadakan setelah pemerintah mengucurkan ADD yang nilanya ratusan juta hingga milyaran rupiah. Arisan bersama para kepala desa diadakan sekali sebulan di setiap desa secara bergantian.

Sempat dikonfirmasi wartawan koran ini Usman Lubis kepada salah seorang perangkat desa yang tak mau di sebutkan namanya, dia mengatakan arisan hanya acara makan makan saja. Bahkan dalam acara ini turut pula hadir camat Kualuh Selatan H. Samsul Tanjung ST, MH dan para perangkat desa dari berbagai desa.

Diperkirakan acara tersebut menelan dana jutaan rupiah dan diduga kuat pembiayaannya menggunakan ADD. Seperti halnya arisan yang berlangsung Senin (7/5/2018) yang lalu, di salah satu rumah makan tradisional Pancuran Mas yang terkenal menyediakan panggang ikan mas dan nila dan lauk pauk daun ubi tumbuknya yang khas.

Saat berita ini diekspos, giliran arisan tersebut diambil kepala desa Simangalam, Arsinius Marpaung.
Apakah acara ini membicarakan ADD (Anggaran Dana Desa) yang telah dikucurkan atau tidak? Persoalannya, karena sesuai hasil pantauan wartawan koran ini, khususnya di Desa Simangalam, ADD yang digunakan kurang tepat sasaran.

Contohnya, pembuatan tembok jalan lintas Desa Simangalam diduga tidak sesuai bestek, hanya untuk mengambil keuntungan dari proyek yang dikerjakan secara swakelola tersebut.

Sampai berita ini diturunkan wartawan koran ini belum dapat mengkorfirmasi kepala desa Arsinius Marpaung, mengenai berapa dana yang dikucurkan untuk acara tersebut dan menggunakan sumber dana apa, serta tujuan arisan yang di adakan di Pancuran Mas. (Saiful/ Usman)

Saat berita ini diekspos, giliran arisan tersebut diambil kepala desa Simangalam, Arsinius Marpaung. Turut hadir urut pula hadir Camat Kualuh Selatan H. Samsul Tanjung ST, MH, sepuluh kepala desa dan satu lurah serta perangkat desa lainnya. (foto: PRi/Usman Lubis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *