KORUPSI DIDUGA GEROGOTI DPRD KARIMUN

Karimun, PRESTASIREFORMASI.Com — Setelah wakil-wakil rakyat di beberapa daerah terlibat korupsi, termasuk keterlibatan puluhan anggota DPRD Sumut, kali ini DPRD Tanjung Balai Karimun Kepulauan Riau diduga juga digerogoti korupsi.

Dugaan kuat terjadinya korupsi di DPRD Karimun ditandai dengan sejumlah Jajaran Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Karimun beberapa waktu lalu menggeledah Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karimun, tepatnya Senin (7/5) lalu sekira pukul 10.00 Wib.

Penggeledahan Tipidkor Satreskrim Polres Karimun tersebut untuk mencari berkas yang diduga sebagai barang bukti dugaan kasus korupsi yang terjadi di jajaran kantor DPRD Karimun.

Saat penggeledahan tersebut, ada belasan aparat yang mencari berkas-berkas. Setelah melakukan penggeledahan, terlihat pihak kepolisian membawa sekitar delapan bundel dokumen dari gedung perwakilan rakyat tersebut.

“Ada 8 bundel dokumen yang kita sita. Penggeledahan ini, berdasarkan izin penetapan dari Pengadilan. Dan masih kita dalami,” ujar Kasat Reskrim Polres Karimun, AKP Lulik Febyantara.

Salah satu dokumen yang disita adalah surat-surat yang berhubungan dengan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) DPRD Karimun pada tahun 2016.

Lulik menambahkan, pihaknya terlebih dahuli melakukan penyelidikan dan memiliki copyan dokumen SPJ nya, akan tetapi setelah perkara naik ke tahap penyidikan, maka pihaknya langsung menyita dokumen asli SPJ tahun 2016 tersebut

“Setelah kami sita dokumen aslinya, maka kita akan lakukan pemeriksaan lebih lanjut lagi,” tambahnya.

Selama proses penyelidikan, pihak kepolisian telah memeriksa 13 orang saksi baik dari anggota dewan maupun staf keuangan di kantor DPRD Karimun.

Untuk mengetahui total kerugian dari dugaan korupsi ini, Lulik mengatakan akan menunggu hasil pemeriksaan dari saksi ahli yaitu dari pihak BPKP dan BPK. (Yuliana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *