Kasal: Menjaga Keamanan di Selat Malaka

TNI AL Jalin Patkor Dengan Negara Tetangga

Belawan, PRESTASI REFORMASI.Com – Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi,S.E menegaskan, dalam upaya menjaga keamanan di laut perairan Selat Malaka dari ancaman dan gangguan keamanan , baik yang berkaitan dengan navigasi, aksi kejahatan dan bentuk pelanggaran lainnya, TNI AL telah  bekerja sama dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Kerja sama itu dalam bentuk Patroli ter-Koordinasi (Patkor). Dengan Malaysia, yaitu Patkor Malindo, juga dengan Singapura berupa Indosin. Sedangkan  pengamanan laut  di mulut Selat Malaka juga sudah ada Patkor dengan Thailand dan India.

Kasal menegaskan hal itu di Mako Lantamal I Belawan, Selasa (01/05) usai menghadiri acara peringatan Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW tahun 1439 H yang diselenggarakan Lantamal I di Lapangtan Apel Dermaga Mako Lantamal I. Pucuk pimpinan TNI AL ini siang itu didampingi sejumlah perwira tinggi, di antaranya Pangarmabar Laksmana Muda TNI Yudo Margono,S.E, Asisten Pengamanan (Aspam) Kasal Laksamana Muda TNI S.Irawan,S.E,  Asisten Logistik (Aslog) Laksamana Muda TNI Dwi Harjanto, Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto,S.E.

Terkait dengan situasi alur saat ini, Kasal menambahkan, situasi alur saat ini belum ada laporan-laporan yang signifikan dan menonjol. Hanya  bentuk pelanggaran perikanan. Mengenai perikanan imbuh laksamana berbintang empat ini, TNI AL juga sudah bekerja sama dengan Malaysia dan Singapura.Dengan terjalinnya kerja sama dengqan dua negara tetangga tadi, trend pelanggaran tersebut sudah dapat diminimalisir.

Namun, untuk menghindari terjadi pelanggaran tentang perikanan, Kasal mengharapkan kepada kaum nelayan agar tidak memasuki wilayah penagkapan ikan di negara lain. Karena kalau itu yang terjadi, ini bisa menjadi masalah.

Kasal Laksamana TNI Ade Supandi,S.E bersama Ustadz H. Abdul Somad, Pangarmabar Laksda TNI Yudo Margonom SE, Asisten Pengamanan Kasal Laksda TNI S. Irawan, Aslog Kasal Laksda TNI Dwi Harjanto, Danlantamal I Laksma TNI Ali Triswanto, SE dan Ketua Umum Jalasenastri pada acara Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1439 H di Mako Lantamal I Belawan (PRESTASI Reformasi – tanjung)

Untuk menjaga  jangan sampai terjadi kegiatan-kegiatan seperti pelanggaran tentang perikanan, maupun penyelundupan dan bentuk kegiatan ilegal lainnya, kita harapkan juga intensitas patroli TNI AL dan instansi lainnya dapat lebih efektif dfan kerja sama yang baik. Sinergitas supaya lebih efektif misi dalam  menjaga kemanan di laut serta penanggulangan pelanggaran.

Menghempang Masuknya Narkoba

Terkait dengan upaya menghempang masuknya narkoba melalui jalur laut Selat Malaka, Kasal dengan diplomatis mengatakan, dalam hal penanganan tersebut, itu yang paling penting tugasnya intelijen. Modus pemasukan barang haram itu menurut Kasal, mereka yang berada di kapal ikan tersebut menggunakan wadah-wadah tempat penyimpanan ikan seperti tong-tong ikan dan di dalam palka.

“Nah, modus seperti itulah yang harus kita waspadai dengan mengefektikan patroli di laut . Contohnya, kapal ikan yang kita tangkap bulan lalu di perairan Kepri menggunakan modus serti itu. Namun tidak tertutup kemungkinan  masih ada modus-modus lainnya. Yang  jelas TNI AL selaku unsur keamanan menjaga Pertahanan Kemanan Negara (Hankamneg) di laut tetap waspada dan perhatian terhadap keamanan di laut bekerja sama dengan instansi lainnya, baik di dalam negeri maupun dengan pihak negara tetangga,” ujar Kasal yang akan memasuki masa purna bhaktinya pada 01 Juni 2018 mendatang. (masri tanjung).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *