Kementerian Perdagangan Lakukan Sosialisasi Pengembangan Ekspor Kemenyan

Usai pemberian Ulos Sekda Taput, Asisten II dan beberapa Pimpinan OPD foto bersama dengan rombongan Kemendag RI.

Tarutung, PRi.Com – Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara ( Taput ) Edward R. Tampubolon didampingi Asisten II Osmar Silalahi, Kabag Perekonomian Fajar M Gultom, Kadis Pertanian Perkebunan Tonny Simangunsong, Kadis Koperasi Marco Panggabean dan Kepala Biro Humas Kementerian Perdagangan Marolop Nainggolan membuka Sosialisasi Pengembangan Ekspor Kemenyan, bertempat di Convention Hall Hotel Hineni, Tarutung (Kamis, 12/4).

“Terima kasih kepada Kementerian Perdagangan atas terlaksananya kegiatan ini dan semoga mampu menjawab permasalahan yang dihadapi para petani maupun pedagang kemenyan selama ini di Tapanuli,” ucap Sekda mengawali sambutannya.

Kita sangat berharap, melalui sosialisasi ini mampu meningkatkan semangat dan animo petani dalam mengembangkan pertanaman kemenyan.

“Seluruh pemangku kepentingan yang terkait dengan produksi kemenyan perlu bersama-sama memikirkan suatu upaya demi terbentuknya sistem pemasaran yang selama ini termasuk peredam semangat petani untuk lebih giat berkebun karena harga tidak menentu, sehingga kedepan menjadi lebih jelas serta berpihak kepada petani,” kata Sekda diakhir sambutannya.

Sementara Kepala Biro ( Kabiro) Humas Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI mengatakan bahwa sosialisasi ini sebagai upaya untuk mendukung keseriusan Pemkab Taput dalam memajukan produksi kemenyan di kawasan Tapanuli.

“Masalah utama yang dihadapi adalah masalah harga sehingga butuh pengembangan pemasaran kemenyan ke level yang lebih tinggi dengan cara memangkas jalur distribusi. Seluruh pemangku kepentingan agar memiliki komitmen untuk melaksanakan ‘action plant’ yang jelas sehingga hasilnya dapat dirasakan dalam waktu dekat,” kata Marolop Nainggolan.

Usai acara pembukaan dengan pemberian cendra mata berupa ulos batak kepada rombongan dari Kemendag, dilanjutkan dengan forum diskusi oleh seluruh hadirin yang diawali dengan paparan para narasumber.

Turut hadir pada sosialisasi tersebut beberapa pimpinan OPD, mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan (Humbanghas), beberapa petani kemenyan dari Taput dan Humbanghas, para pengumpul/pedagang serta pimpinan Bank yang ada di daerah ini (Jas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *