Truk di Ruas Kota Kisaran tak Indahkan Rambu  

ASAHAN

Kisaran, PRESTASI REFORMASI.Com – Truk dengan berbagai ukuran dan model, leluasa memasuki ruas Kota tanpa mengindahkan rambu – rambu yang ada dan juga bebas melakukan aktivitas operasi apa saja. Akibatnya, selain menimbulkan kemacetan juga menggganggu kenyamanan pengguna lalu lintas lainnya.

“Penertiban lalu lintas dan angkutan jalan adalah potensial dan strategis guna mewujudkan keselamatan, keamanan dan kelancaran berlalulintas dan angkutan jalan, yang akan mendukung pembangunan ekonomi,” papar Dorman Silitonga Ketua DPC. LP2KHN. ( Lembaga Pemantau Pengelolaan Keuangan Dan Harta Negara) Kabupaten Asahan kepada beberapa wartawan, baru-baru ini.

Untuk pencapaiannya dituntut penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan untuk bekerja berperan sebagaimana tugas pokok dan fungsi (Tupoksi), yakni Polisi Lalu Lintas (Polantas) dan Dinas Perhubungan  (Dishub), khususnya Polantas yang berwenang dalam penindakan.

Hal ini disampaikan Dorman karena dalam investigasinya, ia meragukan akan kinerja Polantas Polres Asahan, yang patut diduga ada terjalin Pungutan Liar (Pungli) atau Suap maupun gratifikasi dari dan oleh Pengusaha Angkutan/ Truk.

Pasalnya, tanpa pengecualian seluruh ukuran Truk dengan leluasa memasuki ruas Kota tanpa mengindahkan Rambu – Rambu yang ada dan melakukan operasi apa saja.

Pantauan di lapangan, setiap ruas  jalan menuju pusat kota dilengkapi dengan  rambu – rambu, antara lain: “Roda 6 Keatas Di Larang Masuk, Kelas III.C Max – 8 ton, Dilarang Memutar Arah”, dan lain lain.
Sedangkan untuk operasi bongkar muat pada pasal 162 UU. No 22 /2009 berpesan agar “Bongkar Muat dilakukan pada waktu yang tidak mengganggu Keamanan, Keselamatan, Kelancaran, Ketertiban Lalulintas dan Angkutan Jalan”.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Asahan M.Yusuf.SH.Msi. menyesalkan hal ini dan mengatakan kecewa dengan kesemrawutan truk yang begitu berani tidak mengindahkan rambu – rambu yang ada, seraya menyebut pihaknya telah mengoptimalkan pemasangan rambu-rambu sesuai situasi dan kondisi ruas jalan yang ada di kabupaten Asahan ini. (Bagus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *