7 Tanaman Obat Tradisional yang Berkhasiat Tubuh Tetap Sehat

Obat merupakan bahan yang digunakan sebagai media penyembuh ketika seseorang jatuh sakit. Pada zaman dahulu, obat diperoleh dari jenis tanaman tertentu. Tanaman-tanaman yang memiliki khasiat sebagai obat tersebut kemudian dikenal dengan nama “obat tradisional”. Di era modern saat ini, menjumpai tanaman obat tradisional terbilang masih mudah. Karena bisa jadi di tempat tinggal Anda saat ini, masih menjumpai salah satu dari tujuh tanaman berikut ini.

Tanaman Obat Daun Sambiloto

Ketika mendengar nama tanaman obat tradisional satu ini, yang identik dikenal dari daun sambiloto adalah rasanya yang pahit. Namun, dibalik pahitnya daun sambiloto, tersimpan khasiat yang menyehatkan untuk tubuh. Senyawa andrographolide yang terkandung di daun sambiloto berkhasiat untuk menjaga kesehatan organ hati. Senyawa andrographolide dapat menangkal efek samping dari parasetamol maupun galaktosamin. Mengkonsumsi daun sambiloto juga dapat mencegah Anda dari serangan kanker. Karena senyawa andrographolide juga berkhasiat sebagai antikanker.

Tanaman Obat Kumis Kucing

Tanaman yang memiliki bentuk seperti kumis kucing ini termasuk mulai jarang dijumpai. Tanaman obat kumis kucing memiliki khasiat yang sangat penting bagi kesehatan. Terutama ketika air rebusan kumis kucing dikonsumsi. Tanaman obat kumis kucing berkhasiat untuk meredakan masuk angin, reumatik, encok yang sering dialami oleh lansia. Selain itu, tanaman obat kumis kucing juga mampu meredakan radang ginjal, sembelit, serta mengontrol kadar gula dalam darah. Jika tanaman obat daun sambiloto memiliki sifat antikanker, kumis kucing memiliki sifat antibakteri.

Tanaman Obat Daun Jarak

Tanaman obat tradisional yang sering digunakan sebagai obat luar adalah daun jarak. Daun jarak memiliki khasiat untuk menyembuhkan bagian tubuh yang bengkak. Ketika Anda mengalami masalah pada syaraf yang terkilir, maka daun jarak dapat menjadi obat tradisional yang berkhasiat. Daun jarak juga berkhasiat untuk menyembuhkan bagian tubuh yang berdarah.

Tanaman Obat Daun Dewa

Seperti namanya, daun dewa memiliki khasiat untuk kesehatan bak seperti dewa. Daun dewa dikenal mampu mengontrol tekanan darah. Mengkonsumsi air rebusan daun dewa juga berkhasiat untuk melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Sebagai obat tradisional analgesik, daun dewa memiliki sifat antiinflamasi.

Tanaman Obat Mengkudu

Selanjutnya adalah buah mengkudu yang sampai saat ini terbilang masih mudah untuk dijumpai. Buah mengkudu dikenal sebagai buah yang memiliki aroma kurang sedap. Namun, dibalik itu, khasiatnya sangat baik bagi kesehatan. Mengkonsumsi sari mengkudu, maka dapat menghindarkan diri dari risiko penyakit jantung, diabetes, sampai dengan kolesterol.

Tanaman Obat Kunyit

Kunyit atau disebut juga kunir memiliki warna oranye kekuningan. Kunyit termasuk bagian tanaman obat tradisional yang berkhasiat untuk menjaga tubuh tetap sehat. Umumnya, kunyit diolah sebagai jamu dan dapat dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, kunyit juga berkhasiat untuk menghilangkan tangan atau kaki yang kesemutan dengan cara membalurkan tumbukan kunyit. Tanaman obat kunyit ini juga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol, selain juga memiliki sifat antimikrobia, antitumor, serta antiinflamasi.

Tanaman Obat Temulawak

Temulawak termasuk tanaman obat tradisional yang sudah lama dikenal khasiatnya untuk kesehatan sejak zaman dulu. Sampai sekarang, temulawak masih dimanfaatkan untuk bidang kesehatan. Tanaman obat ini memiliki kandungan antioksidan yang berkhasiat untuk menjaga tubuh tetap sehat. Bagi Anda yang sedang mengalami masalah perut kembung atau maag, maka dapat mengkonsumsi jamu temulawak.

Itulah ketujuh tanaman obat tradisional yang terkenal dengan khasiatnya hingga sekarang. Tanaman obat yang tidak mahal untuk dibeli. Dan yang pasti dapat menjaga tubuh tetap sehat. (h/sumber: maggo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *